Perancangan Promosi Penjualan

0
            Perancangan program promosi penjualan harus memperhitungkan dua aspek utama yaitu :
  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik respon pasar dalam jangka pendek :
  2. Jenis produk dalam kategori produk terdapat semacam loyalitas terhadap ukuran produk, sehingga promosi yang ditekankan pada satu jenis ukuran produk, (misal : kemasan ukuran 1 Kg) tidak akan efektif dalam menarik pelanggan pesaing yang lebih menyukai ukuran lain, (misal : kemasan ukuran 250gr).
  3. Jumlah dan tipe aktifitas pencarian yang dibutuhkan, jadi semakin mudah dan nyaman akses pelanggan terhadap promosi penjualan, konsumen akan cenderung tertarik mencobanya.
  4. Situasi diman pembeli reguler membuat sediaan produk pada harga promosi
  5. Faktor merek terkait dengan positioning perusahaan dalam jangka panjang
  6. Konsumen merek murah beralih ke merek mahal yang dipromosikan akan lebiah banyak dibandingkan jumlah konsumen mahal yang beralih ke merek murah yang dipromosikan. Hal ini dipengaruhi pula oleh ekuitas merek (brand equity) yang dimiliki oleh merek-merek premium.
  7. Berkurangnya keunggulan kompetitifnya berupa harga dan marjin diatas rata-rata.
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog: